Jumat, Agustus 01, 2008

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA
MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA


oleh Rojaki
NIM 04201244040

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan menulis naskah drama melalui pendekatan proses pada siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 9 Yogyakarta.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini difokuskan pada penerapan pendekatan proses dan peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menerapkan dua siklus tindakan, masing-masing tindakan terbagi atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, catatan lapangan, wawancara, angket, dokumentasi, tes menulis naskah drama pada setiap siklusnya.Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitaif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah dilihat dari adanya perubahan- perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan guru maupun siswa. Keberhasilan ini dilihat dari dua kriteria keberhasilan yaitu keberhasilan proses dan produk.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama, pendekatan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Yogyakarta mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa yaitu guru memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pembekajran menulis naskah drama melalui pendektan proses. Sedangkan bagi siswa, Penerapan pendekatan proses menjadikan pembelajaran yang menyenangkan dan siswa lebih bergairah dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama tersebut. Kedua, pendekatan proses mampu meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Yogyakarta. Nilai rata-rata menulis naskah drama sebelum diberikan tindakan yaitu 56.66, sedangkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai siswa 80.88, dan pada siklus II diperoleh nilai rata rata 88. 44. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada setiap aspek dalam penulisan naskah drama sampai dengan siklus II peningkatan terjadi yaitu meliputi: aspek dialog 30%, pada aspek penokohan dan perwatakan mencapai 29 %, pada aspek latar dan teks samping mencapai 38.80 %, pada aspek alur cerita mencapai 31.20 %, dan aspek yang terakhir yaitu amanat mencapai 30 %.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

nama lengkap saya muhhamad rojaki styo projo, lahir di lampung 7 desember 1983. saat ini sedang menempuh pendidikan di yogyakarta state university. education of indonesian language. tepatnya pendidikan bahasa dan sastra indonesia angkatan 2004. alumnus smansa pagela tercinta .. mencintai smansa sampai akhir hayat.. insya Allah ..amien